KONSTRUKSI DASAR PADA KAPAL

pada dasar nya, konstruksi kapal di bagi menjadi 2 yaitu:
Konstruksi dasar kapal adalah susunan kostruksi yang terdiri dari kerangka memanjang atau kerangka melintang kapal yang ada pada bagian dasar kapal, untuk konstruksi dasar kapal bisa di bedakan menjadi 2 yaitu:
a.       Konstruksi dasar tunggal (single bottom)
Konstruksi  dasar tunggal atau dalam bahasa inggris nya di sebut single bottom ini biasanya di gunakan untuk kapal-kapal baja dengan panjang kurang dari 50 meter, kapal tangki, dan kapal-kapal kecil lainya. yang membedakan antara konstruksi dasar ganda dan konstruksi dasar tunggal adalah pada ada atau tidaknya tank top.

                                         Gb. Konstruksi dasar tunggal

Bagian bagian yang terdapat pada konstruksi dasar tunggal:
1.       Lunas batang
2.       Penumpu tengah
3.       Plat hadap
4.       Penumpu samping
5.       Wrang alas
6.       Plat alas melintang
b.      Konstruksi dasar ganda (double bottom)
Konstruksi dasar ganda atau dalam bahasa inggris disebut double bottom ini biasanya digunakan untuk kapal-kapal baja dengan panjang lebih dari 50 meter, alasanya tentu saja demi keselamatan. Bentuk wrang pelat mempunyai flens, sedangkan penumpu tengah dan penumpu samping berbentuk profil T (untuk bagian selain ruang kamar mesin ).

Gb. Konstruksi dasar ganda
Bagian-bagian yan terdapat pada konstruksi dasar ganda:
1.       Penumpu tengah
2.       Lubang udara
3.       Penumpu samping terputus
4.       Lubang air
5.       Penegar wrang
6.       Lubang peringan
7.       Plat margin
8.       Lubang orang
9.       Tank top

Konstruksi dasar ganda juga dapat di bedakan mejnadi 2, diantara nya adalah:
a)      Wrang alas terbuka
                       Wrang terbuka terdiri dari : gading balik ,melekat pada alas dalam(tank top) yang                             dihubungkan dengan penumpu tengah dan pelat tepi melalui pelat penunjang. gading alas                     melekat pada kulit alas.plate
Gb. Wrang alas terbuka
b)      Wrang plat/ wrang kedap/ solid floor.


                  Wrang ini terbuat dari pelat secara penuh dan dibuat beberapa lubang yang biasa berfungsi                    sebagai lubang lalu orang / man hole dan lubang air ataupun sebagai lubang peringan.
                  Wrang plat harus dipasang pada tiap – tiap gading, Dibagian ceruk haluan, Didalam                           kamar mesin, Dibawah pondasi ketel, Di kapal yang disediakan untuk muatan bahan galian,                 dan didaerah ruang muat.
              Wrang plat harus dipasang, Dibawah sekat melintang, Dibawah topang / pilar ruang                              muat Pada sekat bergelombang
                  c)   Wrang kedap air / water tight floor
                   Wrang ini terbuat dari plat penuh tanpa lubang dan diberi penegar
Gb. Wrang kedap air

Komentar

  1. Terima kasih sudah berbagi.....
    Bagaimana cara pemasangan lantai di interior kapal baja/ kapal non baja....dengan material alam ( marmer, granit, kayu dsb?)?

    BalasHapus
  2. sangat bermanfaat
    saya mau tau untuk kapal yang menggunakan double bottom itu jenis kapal apa saja? bisa disebutkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk kapal yang menggunakan konstruksi double bottom adalah kapal yang panjangnya lebih dari 50 meter dan kapal baja , contohnya adalah kapal pesiar, kapal perang, kapal perang , dll.

      Hapus
  3. Balasan
    1. lunas batang adalah konstruksi memanjang pada dasar kapal yang terletak mulai dari linggi haluan hingga linggi buritan.

      Hapus
  4. Pada konstruksi dasar ganda, bentuk wrang plat mempunyai flens. Flens itu apa dan seperti apa

    BalasHapus
  5. Wah. Bagi saya, ilmu ini sangat berguna untuk orang yang ingin belajar tentang ilmu perkapalan.

    BalasHapus
  6. Materinya sangat bagus nihh. Kalau boleh saran saya setiap bagian bagian yang terdapat pada konstruksi bisa diperlihatkan gambarnya(contoh gambarny), mungkin lebih menarik lagi bisa di pahami oleh para pembaca

    BalasHapus
  7. terima kasih sangat bermanfaat

    BalasHapus
  8. Apa yg dimaksud pelat hadap itu ya? Terimakasih

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Saya mengambil teks ini daru buku interior kapal

      Hapus
  10. Apakah plat sekat melintang, harus dipasang dibawah topang/pilar ruang muat pada sekat bergelombang ?

    BalasHapus
  11. Balasan
    1. teks ini saya dapat dari buku interior kapal

      Hapus
  12. Terimah kasih...sangat bermanfaat

    BalasHapus
  13. Infonya sangat bermanfaat ,saya suka

    BalasHapus
  14. Terima kasih infonya.. Apakah kontruksi dasar ganda dapat diaplikasikan dikapal fiber atau kayu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. konstruksi dasar ganda bisa di alikasikan pada kapal fiber maupun kayu. namun biasanya kapal" tersebut menggunakan konstruksi dasar tunggal

      Hapus
  15. Infonya sangat bermanfaat kalau bisa gambar nya ditambah

    BalasHapus
  16. Sangat bermanfaat bagi semua orang terimakasih

    BalasHapus
  17. thanks min atas sharing ilmunya :)

    BalasHapus
  18. Terima kasih infonya semoga menambah pengetahuan

    BalasHapus
  19. trimakasih atas meterinya semoga bermanfaat...

    BalasHapus
  20. infonya sangat bermanfaat,terimah kasih

    BalasHapus
  21. terima kasih informasinya gan sangat membantu

    BalasHapus
  22. nentuk flens sendiri yang kayak gimana ya mbak.tolong jelaskan.

    BalasHapus
  23. ini nih.. dasar2 kontruksi kapal.. keren threadnya gan.. membantu banget untuk awal memulai pelajaran tentang kapal wkwk :D

    BalasHapus
  24. Informasinya sangat bermanfaat, terima kasih

    BalasHapus
  25. Terma kasih informasi yg sangat bermanfaat

    BalasHapus
  26. Apa kelebihan konstruksi double bottom (

    BalasHapus

Posting Komentar