KONSTRUKSI DASAR PADA KAPAL
pada dasar nya, konstruksi kapal di bagi menjadi 2 yaitu:
Konstruksi dasar kapal adalah susunan
kostruksi yang terdiri dari kerangka memanjang atau kerangka melintang kapal
yang ada pada bagian dasar kapal, untuk konstruksi dasar kapal bisa di bedakan
menjadi 2 yaitu:
a.
Konstruksi dasar tunggal (single bottom)
Konstruksi dasar tunggal atau
dalam bahasa inggris nya di sebut single bottom ini biasanya di gunakan untuk
kapal-kapal baja dengan panjang kurang dari 50 meter, kapal tangki, dan
kapal-kapal kecil lainya. yang membedakan antara konstruksi dasar ganda dan konstruksi dasar tunggal adalah pada ada atau tidaknya tank top.
Gb. Konstruksi dasar tunggal
Bagian bagian yang terdapat pada konstruksi dasar tunggal:
1.
Lunas batang
2.
Penumpu tengah
3.
Plat hadap
4.
Penumpu samping
5.
Wrang alas
6.
Plat alas melintang
b.
Konstruksi dasar ganda (double bottom)
Konstruksi dasar ganda atau dalam bahasa inggris disebut double bottom
ini biasanya digunakan untuk kapal-kapal baja dengan panjang lebih dari 50
meter, alasanya tentu saja demi keselamatan. Bentuk
wrang pelat mempunyai flens, sedangkan penumpu tengah dan penumpu samping berbentuk
profil T (untuk bagian selain ruang kamar mesin ).
Gb. Konstruksi dasar ganda
Bagian-bagian yan terdapat pada konstruksi dasar ganda:
1.
Penumpu tengah
2.
Lubang udara
3.
Penumpu samping terputus
4.
Lubang air
5.
Penegar wrang
6.
Lubang peringan
7.
Plat margin
8.
Lubang orang
9.
Tank top
Konstruksi dasar ganda juga dapat di bedakan mejnadi 2, diantara nya
adalah:
a)
Wrang alas terbuka
Wrang terbuka terdiri dari : gading balik
,melekat pada alas dalam(tank top) yang dihubungkan dengan penumpu tengah dan
pelat tepi melalui pelat penunjang. gading alas melekat pada kulit alas.plate
Gb. Wrang alas terbuka
b)
Wrang plat/ wrang kedap/ solid floor.
Wrang ini terbuat dari
pelat secara penuh dan dibuat beberapa lubang yang biasa berfungsi sebagai lubang
lalu orang / man hole dan lubang air ataupun sebagai lubang peringan.
Wrang plat harus dipasang pada tiap
– tiap gading, Dibagian
ceruk haluan, Didalam kamar mesin, Dibawah pondasi
ketel, Di kapal
yang disediakan untuk muatan bahan galian, dan didaerah ruang muat.
Wrang plat harus dipasang, Dibawah
sekat melintang, Dibawah
topang / pilar ruang muat Pada sekat
bergelombang
c) Wrang kedap air / water tight floor
Wrang ini terbuat dari plat penuh
tanpa lubang dan diberi penegar
Gb. Wrang kedap air
Terima kasih sudah berbagi.....
BalasHapusBagaimana cara pemasangan lantai di interior kapal baja/ kapal non baja....dengan material alam ( marmer, granit, kayu dsb?)?
sangat bermanfaat
BalasHapussaya mau tau untuk kapal yang menggunakan double bottom itu jenis kapal apa saja? bisa disebutkan?
untuk kapal yang menggunakan konstruksi double bottom adalah kapal yang panjangnya lebih dari 50 meter dan kapal baja , contohnya adalah kapal pesiar, kapal perang, kapal perang , dll.
Hapusseperti apakah lunas batang
BalasHapuslunas batang adalah konstruksi memanjang pada dasar kapal yang terletak mulai dari linggi haluan hingga linggi buritan.
HapusPada konstruksi dasar ganda, bentuk wrang plat mempunyai flens. Flens itu apa dan seperti apa
BalasHapusWah. Bagi saya, ilmu ini sangat berguna untuk orang yang ingin belajar tentang ilmu perkapalan.
BalasHapusMaterinya sangat bagus nihh. Kalau boleh saran saya setiap bagian bagian yang terdapat pada konstruksi bisa diperlihatkan gambarnya(contoh gambarny), mungkin lebih menarik lagi bisa di pahami oleh para pembaca
BalasHapusterima kasih sangat bermanfaat
BalasHapusApa yg dimaksud pelat hadap itu ya? Terimakasih
BalasHapusIni sumber info dari mana?
BalasHapusSaya mengambil teks ini daru buku interior kapal
HapusApakah plat sekat melintang, harus dipasang dibawah topang/pilar ruang muat pada sekat bergelombang ?
BalasHapussumber dari manasajakah itu ?
BalasHapusteks ini saya dapat dari buku interior kapal
HapusFlens itu apa ya..
BalasHapusMemek
HapusTerimah kasih...sangat bermanfaat
BalasHapusInfonya sangat bermanfaat ,saya suka
BalasHapusTerima kasih infonya.. Apakah kontruksi dasar ganda dapat diaplikasikan dikapal fiber atau kayu??
BalasHapuskonstruksi dasar ganda bisa di alikasikan pada kapal fiber maupun kayu. namun biasanya kapal" tersebut menggunakan konstruksi dasar tunggal
HapusInfonya sangat bermanfaat kalau bisa gambar nya ditambah
BalasHapusSangat bermanfaat bagi semua orang terimakasih
BalasHapusTerima kasih atas informasinya
BalasHapusthanks min atas sharing ilmunya :)
BalasHapusTerima kasih infonya semoga menambah pengetahuan
BalasHapustrimakasih atas meterinya semoga bermanfaat...
BalasHapusinfonya sangat bermanfaat,terimah kasih
BalasHapusterima kasih informasinya gan sangat membantu
BalasHapusnentuk flens sendiri yang kayak gimana ya mbak.tolong jelaskan.
BalasHapusini nih.. dasar2 kontruksi kapal.. keren threadnya gan.. membantu banget untuk awal memulai pelajaran tentang kapal wkwk :D
BalasHapusInformasinya sangat bermanfaat, terima kasih
BalasHapustrm ksh sangt mmbatu infonya
BalasHapusTerma kasih informasi yg sangat bermanfaat
BalasHapusterimah kasih gan
BalasHapusApa kelebihan konstruksi double bottom (
BalasHapus